Recent Posts

Sabtu, 26 Januari 2013

Globalisasi

Rabu kemaren, tepatnya tanggal 23 Januari anak-anak kelas 9.5 menghadapi kerjasama di ulangan PKn.
Don't get me wrong, ulangan ini lebih kaya ambil nilai dan emang disuruh gurunya untuk kerjasama. Soal ulangannya juga dibuat satu kelompok(2 orang) di kelas, lalu saling ditukar.
#FYI gue nggak belajar sama sekali malamnya, godaan setannya kuat banget. GLEE episode baru.
Gue dan Lily kebagian soalnya Arfath dan Denny kalo nggak salah,
pertanyaan nomer 1 nya, upay banget
"Apa pengertian globalisasi menurut Wikipedia Indonesia?"
Holy crap! Mana gue hapal. Lily yang gue harapkan juga nggak hapal. mampus -_-
Lalu otak gue melakukan upayanya. BINGO!
Speech gue(yang dilombakan bulan November) temanya juga globalisasi. juga memuat pengertian globalisasi dari wikipedia.
namun sayangnya, beda bahasa, beda juga pengertiannya
Nggak mau nyerah, gue memeras otak, mengubek-ubek memori tahun lalu(ciaaaat)
Jadilah jawaban gue dan Lily bilingual. Swag banget.
"Globalization is an international integration arising from the interchange of world views, products, ideas, and.."
Kalo mau lihat aslinya, silakan minta ke Bu Ngadilah. itu juga kalo kalian segitu kepo-nya..

Globalisasi. apa sih globalisasi. gue jadi galau sendiri.
Zaman gini globalisasi itu seperti..
udara yang ku hela kau selalu ada..
(kenapa jadi Dealova?)
anyway, sangat tidak disadari. perkembangannya begitu cepat. berubah, berinovasi. terus menerus.
kaya cinta gue, eaaaaa ;)

lalu bagaimana menghadapi globalisai itu sendiri?
inilah tips yang gue sarankan seperti di speech gue :
1. Mempersenjatai diri dengan ilmu sebelum menerima pengaruh baru
Banyak banget pengaruh globalisasi, pasti ada positif dan negatif-nya, ya yang positif aja yang diambil, gitu.
2. "Berpikir global, bertindak lokal." --> kata bu Ngadilah
maksudnya walaupun berpikiran terbuka atau open-minded gitu bahasa gaulnya, kita harus kembali ke nomor satu lagi, ya ingat positif negatif-nya, disesuaikan sama budaya kita
3. Meningkatkan kemampuan karena ketatnya persaingan
kaya banyaknya pengangguran, itu udah jadi clue. Karena orang dari luar dengan kemampuan lebih baik dari kita misalnya, bisa aja mengambil peluang kerja kita. nggak mau kaya gitu, kan??

Mau nggak mau, suka nggak suka
Globalisasi sudah jadi bagian dari kehidupan kita
Tergantung cara kita melihat dan menyikapinya,
ITU.
SUPER SEKALI.
SALAM SUPER!

0 komentar:

Posting Komentar